Sabtu, 28 Juli 2012

Makanan sehat itu yang bagaimana ya?

Semua orang sudah pada tahulah mulai dari kecil sekolah di SD, kita semua diajar makanan sehat itu harus ada 4 sehat 5 sempurna, makanan yang harus ada unsur zat Gizi seperti karbohidrat, mineral, vitamin, protein dan lemak tak jenuh.

Nah yang sering menjadi tidak sehat adalah sering kali manusia mengkonsumsi unsur unsur tadi dengan tidak seimbang, atau tidak adanya keseimbangan gizi, dari 4 unsur zat Gizi tadi  terutama yang paling banyak dikonsumsi adalah karbohidrat dan lemak, terlebih lebih lemak jenuh.

Memang kondisi makanan yang tersedia disekitar kita lebih banyak karbohidrat dari yang lain lainnya dari pagi hari untuk orang Indonesia atau Asia pada umumnya sudah tersedia Nasi atau Roti, itu adalah makanan sehari hari, belum lagi makanan favorit  Hamburger, hotdog atau mie instan itulah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi,

Karbohidrat memang sangat diperlukan untuk menyediakan energi bagi tubuh, masalahnya setelah energi  sudah tersedia, energi tersebut tidak dipergunakan dengan maksimal karena manusia kurang aktif bergerak atau olahraga. apalagi orang orang yang bekerjanya dikantoran yang lebih banyak duduk dikursi. Kelebihan karbohidrat akan menyebabkan tubuh menjadi gemuk.
Kemudian Lemak, manusia mengkonsumsi lemak jenuh lebih banyak dari pada lemak yang tak jenuh, mereka mengkonsumi, daging, makanan siap saji seperti ayam goreng (apalagi yang namanya Fried Chicken), hamburger dan kentang goreng (fries), sedangkan untuk yang kalangan menengah kebawah mereka menyantap gorengan (pisang goreng, tahu goreng, ubi goreng dll), dan pada umumnya mereka tidak pernah memikirkan berapa banyak kandungan lemak pada makanan makanan tersebut, belum lagi kandungan Kolesterolnya. Kelebihan Lemak terutama lemak jenuh akan menyebabkan Kolesterol tinggi dan mengakibatkan stroke, dan sangat berbahaya bagi jantung.
Sedangkan air mineral, sudah diganti dengan minuman minuman tidak sehat seperti  cocacola. sprite, fanta, teh botol, minuman kaleng,  minuman minuman yang mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan unsur extrak perasa buatan.
Buah buahan yang segar dan sayuran sangat kurang di konsumsi.
Konsidi kesibukan, dan aktivitas sehari hari membuat manusia sudah tidak sempat berfikir lagi untuk mencari makanan makanan alami dan bergizi, berolahraga dan aktivitas gerak yang lainnya.
Akhirnya kehidupan manusia menjadi tidak seimbang, saat manusia pola makannya tidak seimbang disanalah sakit penyakit mulai datang.
Padahal sehat itu murah dan sakit itu mahal, berapa harga obat obatan, biaya dokter, rumah sakit sekarang? coba sesekali tanya mereka yang sedang dirawat dirumah sakit, dari penyakit ringan sampai berat, pasti akan mengeluarkan jutaan rupiah,  bahkan kalau operasi jantung sudah ratusan juta.

Untuk sehat kita hanya perlu menjaga keseimbangan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Semakin kita menolak makanan makanan tertentu semakin tubuh kita menginginkannya. Untuk itu jangan menghindarinya tetapi kuasailah makanan tersebut untuk secukupnya.      
Nah untuk itulah pentingnya menjaga keseimbangan makanan yang masuk dalam tubuh, sehingga tubuh akan tetap sehat.
Konsumsilah lebih banyak buah, sayuran dan air mineral, sesekali kita bisa makan makanan siap saji atau yang lainnya.
Mana  yang lebih berbahaya dari kebiasaan merokok atau makan soto terus setiap hari? Dua duanya berbahaya, tetapi makan soto setiap hari pasti lebih cepat mati dari pada merokok, berarti kebiasaan makan makanan yang tidak sehat jauh lebih berbahaya dari pada merokok.
  
Suatu hari saya ketika saya menjaga ibu saya dirumah sakit saya  melihat seorang anak berusia 11 tahun yang mempunyai berat badan 110 Kg, tergeletak dirumah sakit dengan sakit yang parah, hampir saja mati.     Ketika saya sempat ngobrol dan bertanya kepada ibunya, kenapa anak itu bisa sakit demikian parah, ibunya berkata, “ iya saya terlalu sibuk bekerja mencari uang sehingga tidak pernah memperhatikan anak saya, dan anak itu setiap hari mengkonsumsi minuman Fanta dan makan mie instan kesukaannya seperti  Ayam goreng Macdonald Hamburger dan Kentang goreng …..bayangkan setiap hari makanannya itu itu saja, Pantas akibatnya sangat fatal.

Dilain waktu saya bertemu dengan seseorang pada saat mendaki gunung Ijen di kabupaten Banyuwangi Jawa Timur beberapa tahun yang lalu, saya tidak menduga bahwa umur orang tersebut sudah mencapai 82 tahun, saudara bisa bayangkan , seorang kakek berumur 82 tahun masih sanggup mendaki gunung Ijen yang mempunyai tingginya 2.443 M dari permukaan laut. Saya saja yang saat itu masih berumur 46 tahun, nafas saya sudah ngosngosan hampir tidak kuat mendaki, tetapi kakek itu berjalan pelan tapi pasti, sampai tiba pada puncak gunung tanpa dibantu orang lain anda bisa lihat fotonya, dan dia sudah tiga kali mendaki gunung Ijen.                                                
Nah ketika saya tanyakan apa rahasianya sehingga kakek masih kuat mendaki dan bisa punya umur panjang? Dia hanya berkata hidup jangan stress, makanlah makanan yang sehat, banyak bergerak, minum air putih secukupnya, nikmati hidup mengucap syukurlah dalam segala hal.

“Lalu apakah kakek ada pantang makanan makanan tertentu” saya bertanya kepada kakek ini, dan dia menjawab tidak ada pantangan sama sekali, hanya dia makan apa yang diberikan anak anaknya dengan secukupnya, tidak berkelebihan.  Apakah kakek pernah sakit? Ya tentu saja sebagai manusia normal kadang sakit, tetapi dia bisa cepat sembuh, tidak sampai ke dokter atau kerumah sakit, cukup hanya beristirahat dirumah saja..

Lain lagi dengan seorang teman saya, dia orang kaya, dan sangat sangat (saya ulangi "Sangat") menjaga kesehatannya, makanannya dijaga, anti kolesterol, minumannya steril, mestinya dia bisa berumur panjang, tetapi sebaliknya dia meninggal dengan usia tidak sampai 60 tahun, dengan sakitnya kena komplikasi, kenapa bisa terjadi?
Saya katakan tadi orang yang sangat sangat dan sangat menjaga kesehatannya juga tidak baik, kita harus selalu menjaga kesehatan dan makanan itu pasti, tetapi kalau terlalu over hati hati, sampai makanan dan minuman kita harus steril, apa jadinya? kekebalan tubuh menjadi lemah dan malah rentan terhadap penyakit.

Nah saudara mungkin kehidupan kakek ini bisa menjadi teladan bagi kita, makanlah secukupnya secara seimbang, nasi, roti, mie, sayuran, buah buahan, daging, telor, air putih dan jangan lupa berolahraga, jangan stress, serahkanlah segala kekuatiranmu kepada Tuhan, sebab Tuhan yang akan memelihara kehidupan kita.

Selamat menikmati hidup sehat.
Tuhan memberkati!



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar